ABSTRAK
A’yunin,
Ummu I. 2016. Penerapan Model
Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Nurul Hidayah Sumengko Kalitidu
Bojonegoro. Skripsi. Prodi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial Universitas
Negeri Malang. Pembimbing : I) Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph. D; II) Drs.
Soetjipto, S.H., M.Pd.
Kata Kunci : Picture and Picture, Minat belajar,
Hasil Belajar, IPS
Salah
satu prinsip pendidikan adalah diselenggarakan sebagai proses pembudayaan dan
pemberdayaan siswa yang berlangsung sepanjang hayat. Proses pembelajaran pada
setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, dan
menyenangkan sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis
siswa (Majid, 2013: 37). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diperoleh
informasi bahwa model pembelajaran Picture
and Picture belum pernah diterapkan, media pembelajaran belum digunakan
secara maksimal, siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran IPS berdasarkan
hasil angket pra penelitian, hasil belajar siswa masih rendah yang dibuktikan
dengan hasil Ujian Tengah Semester I.
Penelitian
ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus. Penelitian Tindakan
Kelas ini bertujuan memperbaiki praktek pembelajaran dan meningkatkan minat dan
hasil belajar siswa. Bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas kolaboratif. Pengumpulan data menggunakan tes,
observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs.
Nurul Hidayah berjalan dengan sangat baik. Rata-rata nilai kemampuan guru dalam
menerapkan model pembelajaran Picture and
Picture mengalami peningkatan sebesar 4,76 dari siklus I ke siklus II.
Sedangkan rata-rata kemampuan siswa dalam menerapkan model pembelajaran Picture and Picture mengalami
peningkatan sebesar 7,81. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan minat belajar siswa. Minat
belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10,35 % setelah diterapkannya model
pembelajaran Picture and Picture. Penerapan
model pembelajaran Picture and Picture dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan kognitif. Pada ranah
afektif, sikap sosial siswa mengalami peningkatan sebesar 10,33 dan pada ranah kognitif
mengalami peningkatan sebesar 7,2.
Berdasarkan
analisis data diperoleh simpulan, yaitu penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran
IPS kelas VIII berjalan dengan sangat baik. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan
minat belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
ranah afektif dan kognitif. Disarankan untuk siswa lebih teliti dalam
memasangkan gambar pada model pembelajaran Picture
and Picture. Bagi peneliti
selanjutnya untuk melakukan penelitian pada tema pembelajaran lain dengan ranah
yang sama dengan penelitian ini, yakni afektif dan kognitif.
0 komentar:
Posting Komentar